Kalau dimateri kedua dan ketiga kita belajar mengumpulkan pembeli, maka kali ini kita belajar cara jualan kemereka.

Mau? 😊


Jadi untuk membuat target pasar tertarik, menjelaskan manfaat produk dan membuat mereka membeli, kita butuh skill menulis iklan. 


Benar, nulis iklan ada skillnya. 

Bukan asal nulis, karena kalau asal nulis itu artinya mengarang bebas, hehe 😂


Nah, jika ada yang belum terbiasa nulis iklan, maka silahkan gunakan tips ini 

👇👇👇


1. Sering-sering amati kompetitor yang sudah maju lebih dulu.

Kumpulkan naskah iklan mereka. Tulis ulang dengan bahasa sendiri.

Ini namanya learn by doing. Nanti pengetahuan akan muncul sambil praktik. 


2. Tuliskan saja yang terlintas dipikiran, dan yang sedang dirasakan. Dengan begini maka akan mudah memulai kata pertama. 


3. Nanti aja editnya. Sebuah tulisan itu tidak selesai karena terlalu banyak editornya. Tulis saja dulu, editnya belakangan.


4. Perjelas goal tulisannya. Apakah beli, daftar, klik atau apa? Dengan memiliki goal saat menulis, tulisannya lebih terarah.


5. Saat menulis, bayangkan diri kita sedang berkomunikasi dengan orang lain, coba jelaskan kepada mereka pelan-pelan, dan tuliskan hal itu.


Nah, begitulah 5 tips menulis kalimat promosi untuk yang belum terbiasa nulis. 😊


Selalu ingat ya. 

Mayoritas transaksi dalam online terjadi karena target pasar membaca tulisan penjualnya.

Kalau kita tidak mencoba menulis, kita akan kesusahan saat jualan.

Jadi, belajar nulis kalimat promosi ini memang dibutuhkan. 


Tapi ngomong-ngomong tentang nulis iklan, pernah ngalami gak? 

Anda sudah yakin dengan isi iklannya, tapi ternyata iklannya sepi respon? 😅


Ada banyak alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. 

Antara lain karena 

- Iklan diberikan ke orang yang tidak tepat

- Pengirim iklan belum dipercaya calon pembeli, atau 

- Karena ada unsur yang hilang. 

Ya, kalimat promosi yang bagus bukan yang sekedar dibaca sampai habis, tapi yang mampu menggerakan pembacanya untuk melakukan sesuatu.


Nah, agar Anda bisa melakukan hal tersebut. Maka dalam kalimat promosi Anda harus ada *PENAWARAN YANG KUAT DAN ALASAN YANG KUAT*


Penawaran akan menggerakan pembaca untuk tertarik.


Seringnya, orang membeli bukan semata-mata karena butuh produknya. Tapi orang membeli karena penawarannya menarik.


Penawaran yang umum digunakan ada 3 


Pertama, Bonus spesial

Kedua, Potongan harga

Ketiga, Kemudahan


Jika Anda bisa, berikan bonus untuk setiap pembelian.

Sebaiknya bonus yang diberikan juga bonus yang berkualitas. Karena semakin berkualitas bonusnya, semakin membuat orang tertarik. 

Apalagi jika bonusnya berkualitas dan jumlahnya banyak, hehe 🤭


Kemudian potongan harga, atau orang menyebutnya dengan diskon.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa ketika kita bisa mendapatkan sesuatu dengan harga yang jauh lebih hemat, itu adalah sebuah kesenangan tersendiri, hehe 😁


Nah, hal ini juga berlaku untuk calon pembeli Anda.

Jadi berikanlah penawaran potongan harga.


Jelaskan nominal yang bisa mereka hemat dan tonjolkan harga setelah dipotong diskon. 


Lalu bagaimana jika Anda tidak bisa memberikan bonus atau potongan harga?


Artinya fokus ke penawaran ketiga, yaitu kemudahan.

Berikan kemudahan untuk pembaca iklan Anda. Apakah kemudahan transaksi, kemudahan pengiriman, atau kemudahan lainnya.

Kemudahan akan memancing pembaca iklan Anda untuk tertarik.

 

Selain penawaran ada alasan


Kebanyakan orang saat menulis copywriting, mereka lupa menyertakan alasan kenapa produknya harus dibeli sekarang.

Produknya sudah bagus, penawarannya sudah menarik, tapi tidak ada asalan yang kuat kenapa produk itu harus dibeli tanpa menunda.

Sehingga, iklannya tidak bertenaga, dan tidak menghasilkan apa-apa.


Karena itu, tugas kita adalah setelah menjelaskan semuanya, maka yakinkan pembaca copywriting kita untuk melakukan sesuatu.


Ingat, sudah diyakinkan saja masih ada yang ragu, apalagi jika tidak di yakinkan, hehe. 😂


Cara meyakinkannya dengan apa??

Bisa mainkan 3 hal ini


Satu, *Cantumkan testimoni pengguna sebelumnya*

Karena orang lebih percaya apa kata pengguna produknya dibanding kata penjualnya, hehe


Dua, *Berikan garansi*

Adanya garansi akan mengikis keraguan pembaca iklan Anda, karena pada dasarnya orang cenderung mencari rasa aman, apalagi jika mereka harus keluar uang dalam jumlah yang besar.


Tiga, *Cantumkan batasan*

Selama tidak ada batasannya, maka calon pembeli bebas menunda. Karena itu, cantumkan hal ini

 Bisa dengan memberikan batasan berupa jumlah produk, atau memberikan batasan waktu transaksi.


Dari ketiga hal diatas, pilih salah satu atau gabungkan hal-hal yang cocok dengan bisnis Anda.


Begitu ya, 

Percantik bagian penawaran dan alasan. 🤗