Kenapa materi ini penting?


Karena dengan meningkatkan omzet, secara tidak langsung juga akan meningkatkan penghasilan Anda. 


Prinsipnya, semakin banyak hasil jualannya, maka semakin banyak uang yang masuk ke bisnis.

Dan semakin banyak uang yang masuk, otomatis ada banyak keuntungan yang didapat.


Jadi, untuk membuat Omzet meningkat, pertama-tama kita harus paham bahwa omzet ini berhubungan dengan jualan.


Omzet adalah hasil penjualan, maka jika ingin omzet naik, maka yang diutak-atik adalah bagian penjualannya.


Ada rumus sebab akibat.

Jika omzet adalah akibat, maka ubahlah sebabnya, nanti hasil akan ikutan berubah.


Banyak banget pengusaha yang gak nyangka omzetnya tembus belasan juta, puluhan juta, ratusan juta dan miliaran, bukan karena fokus ngejar omzet, tapi karena sibuk meningkatkan penjualan.


Jadi mulai sekarang, jangan kejar omzet, capek, hehe. 😁

Tapi naikan omzet dengan cara perbesar jualannya.


Lalu apa saja yang bisa dilakukan?


Ada 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk menaikan omzet di bisnis Anda.


Pertama perbanyak Calon pembeli

Kedua Buat pembeli belanja lebih banyak

dan terakhir buat pembeli kembali lebih sering lagi


Bagaimana detailnya?

Yuk kita bahas 😊


Pertama, Perbanyak calon pembeli


Agar Omzet Anda meningkat, maka *Tambah jumlah Calon pembelinya*


Calon pembeli adalah orang yang akan membeli produk Anda

Calon Pembeli yang datang, ini disebut prospek


Kenapa menambah prospek bisa menambah penjualan?


Guru Saya sering mengatakan seperti ini. .

_"Jualan ke 10 orang itu hasilnya berbeda dengan jualan ke 10ribu orang"_


Kalau jualan ke 10 orang, mungkin dapat 1 pembeli

Kalau jualan ke 100 orang? Besar kemungkinannya dapat diatas itu.

Itu baru 100, apalagi kalau bisa jualan ke 1.000 atau 10ribu atau bahkan diatas itu.


Itulah kenapa. .

Harga sewa stand di Mall lebih mahal daripada di tempat biasa.

Karena Mall mampu memancing banyak orang untuk datang.


Itulah kenapa, bisnis Online yang jumlah followernya tinggi bisa mencetak keuntungan yang tinggi juga.


Jualan ini tentang angka.


Jangan berharap hasil yang besar, dari jumlah prospek yang kecil. .


Jika ada yang sekarang bingung dengan hasil jualannya yang masih sedikit.

Jangan pusing, berfikirlah untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya orang ke bisnisnya.


Jika harga jual perproduk adalah 50ribu

Menjual ke 10 orang akan dapat 500ribu


Tapi jika berhasil menjual ke 1.000 orang

Maka akan dapat hasil 50 Juta.


Dan agar bisa menjual lebih banyak, perbanyaklah prospeknya. . 😊


Datangkan pembeli terus-terusan agar penjualan Anda naik terus-terusan. .


Lalu apa yang harus dilakukan untuk memperbanyak calon pembeli?


Anda bisa terapkan strategi-strategi ini.


Jika usahanya Offline

Lakukan massive Promosi.

Toko harus terlihat dan mudah diakses target pasar.

Taruh ditempat yang ramai target pasar lalu lalang.

Promosi disemua media, baik media cetak, atau media online.

Lakukan promo agar orang mau mampir.

Buat tampilan depan toko terlihat menarik.

Ikuti Pameran


Jika usahanya Online

Tambah Trafficnya. .

Di WhatsApp tambah kontaknya.

Di Sosmed seperti Facebook dan Instagram, tambah followersnya.


Itulah garis besar menambah prospek.


Anda disiplin tambah prospek saja, itu sudah bisa mengubah hasil jualan Anda.

Silahkan dicoba 😊


Kita masuk ke strategi kedua ya


Cara kedua adalah dengan *Tambah Volume Pembelian*


Volume pembelian adalah banyaknya produk yang dibeli dalam satu kali transaksi. .


Ya, kebanyakan orang puas jika prospeknya berubah jadi pembeli dengan hanya membawa pulang satu produk.

Ini sah-sah saja.


Tapi jika ingin penghasilannya meningkat, usahakan pembeli bawa pulang lebih dari 1 produk. . 😁


Misal omzet setiap transaksi per produk adalah 150ribu

Maka berusahalah membuat pembeli transaksi 4 produk sekaligus, jadi totalnya 600ribu


Dan jika Anda bisa membuat 100 pembeli seperti itu, maka Anda bawa pulang 60 Juta.

Lumayan kan? 🙂


Konsepnya cukup sederhana. .

Anda cukup membuat pembeli transaksi lebih dari 1 produk.


Tambah volume pembeliannya. .

Dapatkan banyak transaksi dari 1 pembeli.


Lalu apa yang perlu Anda lakukan?


Ada 2 Tips dari Saya. 


Pertama, Gunakan Teknik Cross Selling


Saat sudah pasti beli, coba tawarkan produk lainnya.

Biasanya produk pelengkap atau produk dengan varian berbeda.


Kalau berhasil, kan lumayan tuh keuntungannya. . 😊


Contohnya :

_"Gak sekalian ambil 3 bu? Ongkirnya cukup sekali"_


Kedua, Gunakan Teknik Up Selling


Hampir sama dengan cross selling, hanya saja bukan menawarkan produk lain. Tapi menawarkan manfaat lebih banyak, dengan harga lebih mahal.


Contohnya :

_"Mau sekalian paket yang besar kak? hanya tambah 10ribu saja"_


Kalau ditolak gimana?


Ya biarin aja. . Hehe

Gak ada salahnya mencoba, siapa tau rezeki Anda 😊


Sekarang kita masuk ke cara terakhir


Cara terakhir adalah *Tingkatkan Frekuensi Pembeliannya*


Apa maksudnya?

Maksudnya adalah buat orang yang pernah beli untuk membeli lagi. ..

Alias buat pembeli lama repeat order


Masih banyak orang yang hanya berfikir untuk menjual sekali.

Padahal ini kurang tepat.


Orang yang pernah beli, punya kecenderungan beli lagi.

Dan karena mereka sudah punya pengalaman membeli, tidak akan susah jualan kemereka. .


Bayangkan, jika setiap pembelian memberikan Anda keuntungan 100ribu. .

Jika dalam setahun mereka membeli 5 kali, maka dari 1 orang saja Anda bisa dapat 500ribu.


Bayangkan jika Anda punya 1.000 pelanggan.

Anda bisa punya penghasilan 500 Juta/tahun !


Itu kalau ilustrasinya dalam setahun kembali 5 kali.

Kalau kembali setiap bulan?

Kalau kembali sebulan 2 kali?

Kalau pelanggan Anda lebih dari 1.000?


Hasilnya tentu akan lebih banyak. 😆


Karena itu, jangan sia-siakan pembeli lama Anda.

Buat sistem supaya orang kembali lagi dan lagi


Menyia-nyiakan pembeli lama, artinya menyia-nyiakan rezeki.


Pertanyannya sekarang, apa yang membuat pembeli mau balik lagi?

Saya akan coba share ya.


Pertama, karena mereka Puas.


Puas disini bukan diartikan puas biasa.

Kepuasan setiap orang tentu berbeda-beda.

Dan pada dasarnya, kita tidak bisa memuaskan semua orang, benar?


Lalu sebaiknya bagaimana?

Karena kita tidak bisa memuaskan semua orang, oleh karena itu parameter kepuasan yang kita gunakan adalah *"Pastikan pembeli dapat sesuatu"*


Ya, karena mereka sudah menukar uangnya dengan produk, maka pastikan mereka dapat sesuatu untuk dimiliki. .


Kedua, cobalah berikan *service setelah pembelian*


Ya, jaga hubungan dengan pembeli lama. .

Tanya kabarnya, berikan informasi bermanfaat, stand by ketika mereka membutuhkan sesuatu.


Intinya, jaga kedekatan dengan pembeli sebelumnya.

Dengan menjaga hubungan, maka Anda membangun tabungan emosional.


Di lain waktu ketika mereka butuh produk Anda atau Anda memiliki sebuah promo. Besar kemungkinan mereka akan menyimak bahkan membeli.


Selalu jaga pelanggan Anda baik-baik.

Percayalah, kalau bukan Anda yang menjaganya, maka mereka akan dijaga orang lain, hehe. 😂


Dan poin terakhir yang terpenting. 

Biasakan simpan kontak pembeli Anda.


Hal ini agar mereka bisa menghubungi Anda kapanpun, dan agar Anda juga bisa menghubungi mereka kapanpun.


Kalau Anda tidak simpan kontaknya, mereka akan melupakan Anda, hehe


3 hal diatas adalah cara untuk memperbesar kemungkinan pembeli untuk kembali. 


Yang jadi pertanyaan adalah, lalu bagaimana agar mereka kembali?


Anda bisa pakai strategi ini.


Pertama, Launching Produk baru atau tambah variasi


Kalau mereka sudah mencoba produk sebelumnya, besar kemungkinan mereka akan coba varian lainnya.



Infokan saat launching produk ini ke pembeli lama.

Berikan penawaran terbaik Anda saat launching.


Kedua, Beri voucher yang terbatas waktu


Setiap ada pembelian, berikanlah voucher potongan biaya untuk belanja berikutnya.

Dan jangan lupa sertakan tanggalnya


Jika Anda ingin hasilnya maksimal, silahkan ingatkan pembeli Anda saat masa berlaku voucher mau habis. 😊


Ketiga, buatkanlah Program Member


Jadi, tawarkan program keanggotaan kepada pembeli Anda.

Saat mereka mendaftar keanggotaan, berikan diskon khusus anggota setiap transaksi


Orang-orang akan lebih senang belanja dengan potongan harga khusus, hehe.


Keempat, Poin pembelian


Setiap pembelian ada poin khusus, dan saat poinnya terkumpul, Anda tawarkan hadiah tertentu. 


Dibeberapa bisnis ini ampuh


Nah, silahkan coba tips diatas untuk membuat pembeli lama Anda kembali. 😊


Lalu apa buktinya melakukan hal diatas bisa meningkatkan Omzet?


Kita masuk ke hitung-hitungan. 


Kita pakai rumus ini

_Calon Pembeli x Presentase Konversi x Harga Produk = Omzet 1_


Misal

Calon pembeli 1.000 orang

Presentase Konversi (dari semua calon pembeli) yang beli 1 produk ada 20 persen alias 200 orang

Harga produk 100ribu


Maka

1.000 x 20 persen x Rp 100 ribu = 20 Juta


Lanjut. .

Dari seluruh calon pembeli, ada 10 persen memutuskan beli 2 produk.

Rumusnya ini

_Calon Pembeli x Presentase Pembeli yang beli banyak x Harga Produk x Volume pembelian = Omzet 2_


1.000 x 10 persen x Rp 100 ribu x 2 = 20 Juta


Nah dari semua pembeli, ada 30 persen memutuskan membeli ulang.

Rumusnya

_Calon Pembeli x Presentase Konversi Total x Harga Produk x Presentase Repeat Order = Omzet 3_


1.000 x 20 persen x Rp 100 ribu x 30 persen = 6 Juta


Omzet Total = Jumlah Omzet 1, 2, dan 3

Maka 20 Juta + 20 Juta + 6 Juta = 46 Juta


Sekarang, kita terapkan strategi diatas. .


Kalau calon pembelinya naik 2 Kali lipat, maka


(2.000) x 20 persen x Rp 100 ribu = 40 Juta

(2.000) x 10 persen x Rp 100 ribu x 2 = 40 Juta

(2.000) x 20 persen x Rp 100 ribu x 30 persen = 12 Juta

Total Omzet = 92 Juta


Ada kenaikan kan?


Bagaimana kalau setiap poin naik 2 kali lipat?

Calon pembelinya naik, volume pembelian naik, dan Frekuensi pembelian naik.


Maka

(2.000) x 20 persen x Rp 100 ribu = 40 Juta

(2.000) x 10 persen x Rp 100 ribu x (4) = 80 Juta

(2.000) x 20 persen x Rp 100 ribu x (60) persen = 24 Juta

Total Omzet = 144 Juta


Awalnya Omzet hanya 46 juta, tapi begitu semua bagian ditingkatkan 2 kali lipat, hasilnya bukan naik 2 kali lipat, tapi sampai 3 kali lipat lho. . 😁


Strategi diatas sifatnya geometrical.

Ketika Anda perkuat semua bagian, maka lonjakannya akan berkali-kali lipat. 


Inilah rahasia umum bagaimana menaikan omzet penjualan.

Hanya fokus di 3 hal, tapi hasil bisnis Anda bisa bertambah.


Selalu ingat 3 hal ini untuk menaikan Omzet di bisnis Anda

Pertama, Perbanyak Prospeknya

Kedua, Perbesar Volume pembeliannya

dan cara terakhir adalah Tingkatkan Frekuensi pembeliannya


Ternyata, untuk menaikan penjualan, gak selamanya harus keluar biaya iklan.

Pakai cara gratisan saja, sudah bisa menghasilkan.